SOAL
1.
Sebutkan definisi:
a) distribusi frekwensi
b) frekwensi
a) distribusi frekwensi
b) frekwensi
2.
Sebutkan singkatan dari TDF
3.
Gambarkan bentuk umum TDF
4.
Pada contoh 1 (list
usia),
a) ada berapa banyak data? (n =?)
b) Berapa nilai data terkecil? Dan berapa nilai data terbesar?
c) berapa range (selisih nilai data terbesar dengan data terkecil)?
a) ada berapa banyak data? (n =?)
b) Berapa nilai data terkecil? Dan berapa nilai data terbesar?
c) berapa range (selisih nilai data terbesar dengan data terkecil)?
5.
Dari contoh 1 dibangun 3 TDF.
-TDF 1 mempunyai berapa kelas? (berapa besar interval tiap kelas?)
-TDF 2 mempunyai berapa kelas? (berapa besar interval tiap kelas?)
-TDF 3 mempunyai berapa kelas? (berapa besar interval tiap kelas?)
-TDF 1 mempunyai berapa kelas? (berapa besar interval tiap kelas?)
-TDF 2 mempunyai berapa kelas? (berapa besar interval tiap kelas?)
-TDF 3 mempunyai berapa kelas? (berapa besar interval tiap kelas?)
6.
Sebutkan prinsip pembentukkan Tabel
Distribusi Frekuensi
7.
Penentuan Banyak Kelas dan Interval
Kelas
a) Sebutkan rumus menentukan banyaknya kelas yang ideal
b) Sebutkan rumus menentukan interval kelas yang ideal
a) Sebutkan rumus menentukan banyaknya kelas yang ideal
b) Sebutkan rumus menentukan interval kelas yang ideal
8.
a) Berapa banyak kelas ideal
pada list usia contoh 1 bila menggunakan fungsi
ceiling, dan berapa interval kelas idealnya?
b) Berapa banyak
kelas ideal pada list usia contoh 1 bila menggunakan fungsi
floor, dan berapa interval
kelas idealnya?
9.
a) Buatlah Tabel Distribusi
Frekuensi Relatif dari TDF 3
b) b.1. Buatlah Tabel Distribusi Frekuensi Kumulatif (TDFK) kurang dari (<) pada TDF3
b.2 Buatlah Tabel Distribusi Frekuensi Kumulatif (TDFK) lebih dari (>) pada TDF3
b) b.1. Buatlah Tabel Distribusi Frekuensi Kumulatif (TDFK) kurang dari (<) pada TDF3
b.2 Buatlah Tabel Distribusi Frekuensi Kumulatif (TDFK) lebih dari (>) pada TDF3
jawab :
1.
a) Distribusi Frekwensi : Pengelompokan data
dalam beberapa kelas sehingga ciri-ciri penting data tersebut dapat terlihat
b) Frekwensi : Banyaknya pemunculan data
2.
TDF adalah Tabel Distribusi Frekuensi
3.
Kelas
(Kategori)
|
Frekuensi
(fi)
|
Kelas ke-1
|
f1
|
Kelas ke-2
|
f2
|
Kelas ke-3
|
f3
|
:
|
:
|
:
|
:
|
:
|
:
|
Kelas ke-k
|
fk
|
Jumlah (∑)
|
n
|
n : banyaknya data
fi : frekuensi pada kelas ke-i
4. a). n = 50
b). Nilai
data terkecil = 16 ; nilai data terbesar = 63
c).
Range = 63-16 = 47
5.
a) TFD1 = 5 kelas; interval = 11
b) TFD2 = 6 kelas; interval = 8
c) TFD1 = 7 kelas; interval = 7
6. a) Tentukan banyaknya kelas jangan terlalu
banayk/sedikit
b) Tentukan interval atau selang
kelas semua data harus bisa dimasukan dalam kelas-kelas TDF, tidak ada yang tertinggal dan satu data
hanya dapat dimasukkan ke dalam satu kelas, tidak terjado OVERLAPPING
c) Sorting data, lazimnya
ascending : mulai dari nilai terkecil, agar range data diketahui dan
mempermudah perhitungan frekuensin tiap kelas . Range : selisih nilai terbesar
dan terkecil
7. a) rumus menentukan banyaknya kelas :
Aturan sturges : pembulatan keatas atau
kebawah (celling/floor)
K = 1 + 3322 log n
K = banyak kelas ; n = banyak data
Rumus menentukan interval :
i = r/k i = interval kelas; k = banyak
kelas; r = range data
8.
a) k = 1 + 3.322 log 50
K = 1 + 3.322 (1.6989...)
K = 1 + 5.6439...
K = 6.6439
Dengan celling, maka k = 7
i =
r/k
i =
47/6
i =
7.8333
i = 8
k = 1
+ 3.322 log 50
K = 1
+ 3.322 (1.6989...)
K = 1
+ 5.6439...
K =
6.6439
Dengan
floor, maka k = 6
i =
r/k
i =
47/6
i =
7.8333
i = 8
9 .
a)
Kelas
|
Titik tengah kelas
|
frekuensi
|
Frekuensi relatif
|
Frekuensi relatif (%)
|
16-22
|
19
|
9
|
0.18
|
18
|
23-29
|
26
|
12
|
0.24
|
24
|
30-36
|
33
|
7
|
0.14
|
14
|
37-43
|
40
|
15
|
0.3
|
30
|
44-50
|
47
|
2
|
0.04
|
4
|
51-57
|
54
|
3
|
0.06
|
6
|
58-64
|
61
|
2
|
0.04
|
4
|
∑
|
|
50
|
1
|
100
|
b)
Kelas
|
Frekuensi komulatif
|
Kurang dari 16
|
0
|
Kurang dari 23
|
9
|
Kurang dari 30
|
21
|
Kurang dari 37
|
28
|
Kurang dari 44
|
43
|
Kurang dari 51
|
45
|
Kurang dari 58
|
48
|
Kurang dari 65
|
50
|
c)
Kelas
|
Frekuensi komulatif
|
Lebih dari 15
|
50
|
Lebih dari 22
|
41
|
Lebih dari 29
|
29
|
Lebih dari 36
|
22
|
Lebih dari 43
|
7
|
Lebih dari 50
|
5
|
Lebih dari 57
|
2
|
Lebih dari 64
|
0
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar